Profil HH Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa: Putri Bahrain yang Peduli Lingkungan

Profil Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa: Putri Bahrain yang Peduli Lingkungan_womenpedia.id
Putri Bahrain Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa/Istimewa

Putri HH Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa: Pahlawan Lingkungan dan Pembela Kesejahteraan Wanita di Bahrain

Profil Singkat

Profil Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa: Putri Bahrain yang Peduli Lingkungan_womanindonesia.co.id
Istimewa

Nama

Her Highness Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa

Hobi

Memiliki ketertarikan dalam seni dan budaya, serta lingkungan hidup

Orangtua

Ayahnya adalah Khalifa bin Hamad Al Khalifa (Emir Bahrain pada 1971 hingga 1999), Ibunya adalah Shaikha Hessa bint Ali Al Khalifa.

Pendidikan

Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa menempuh pendidikan di Sekolah Asy-Syakirah di Bahrain dan kemudian melanjutkan studinya di Arab Unity School di Dubai, Uni Emirat Arab.

Oragnisasi

  • Yayasan Putri Sabeeka
  • Bahrain Authority for Culture and Antiquities
  • Dewan Perempuan Bahrain
  • PBB

Profesi

  • Ketua Yayasan Putri Sabeeka
  • Guru bahasa Inggris di beberapa sekolah di Bahrain, dan juga pernah menjadi Direktur Sekolah Tinggi Putri Bahrain.
  • Aktivis lingkungan
  • Pelindung seni dan budaya
  • Pembicara dan penulis

Profil Lengkap

Her Highness Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa adalah sosok perempuan yang sangat berpengaruh di Bahrain, terutama dalam bidang kesejahteraan wanita dan lingkungan hidup.

Ia merupakan putri dari Khalifa bin Salman Al Khalifa, yang saat ini menjabat sebagai Perdana Menteri Bahrain.

Meskipun beliau tidak terlalu dikenal publik, Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa memiliki peran penting dalam mempromosikan budaya dan kesejahteraan di Bahrain.

Pendidikan Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa dimulai di Bahrain dan kemudian dilanjutkan di Inggris. Beliau belajar di Royal Holloway, University of London dan meraih gelar Sarjana Ilmu Politik dan Hubungan Internasional.

Setelah itu, Princess Shaikha melanjutkan pendidikan di SOAS University of London dan meraih gelar Magister Studi Timur Tengah.

Di dalam lingkup kerajaan Bahrain, Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa memiliki peran penting. Beliau menjabat sebagai Ketua Yayasan Putri Sabeeka bint Ibrahim Al Khalifa untuk Pembangunan Perempuan dan Anak-Anak.

Yayasan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan dan anak-anak di Bahrain. Salah satu program unggulan yayasan adalah program pelatihan keterampilan untuk perempuan dan anak-anak yang kurang beruntung di Bahrain.

Selain itu, Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa juga dikenal sebagai seorang penggiat lingkungan hidup. Ia menjadi salah satu pendiri Bahrain Environmental Society dan aktif dalam upaya konservasi alam di Bahrain.

Princess Shaikha juga terlibat dalam berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengurangi dampak perubahan iklim di Bahrain.

Selama kariernya, Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa telah menerima banyak penghargaan atas kontribusinya di bidang kesejahteraan wanita dan lingkungan hidup, termasuk Penghargaan Global 500 dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Lingkungan Hidup dan Penghargaan Emas dari Konvensi Habitat Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Di luar aktivitasnya di Yayasan Putri Sabeeka dan lingkungan hidup, Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa juga terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dan budaya di Bahrain dan di luar negeri.

Princess Shaikha sering mewakili Bahrain dalam acara-acara internasional, termasuk dalam acara yang membahas isu-isu kesejahteraan wanita dan lingkungan hidup.

Ia juga sering menjadi pembicara dalam konferensi internasional dan acara-acara yang bertujuan untuk mempromosikan pengembangan perempuan dan anak-anak. Selain itu, Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa juga sangat peduli terhadap kebudayaan Bahrain.

Princess Shaikha aktif dalam mengembangkan program-program yang bertujuan untuk mempromosikan kebudayaan Bahrain, seperti program seni dan budaya, serta kegiatan untuk memperkenalkan makanan tradisional Bahrain kepada dunia internasional.

Melalui berbagai upaya dan kontribusinya, Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa telah menjadi sosok penting dalam mendorong kesejahteraan wanita dan lingkungan hidup di Bahrain. Beliau juga merupakan contoh inspiratif bagi perempuan muda di Bahrain dan di seluruh dunia.

Prestasi

Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa memulai kariernya di bidang pendidikan, kemudian menjadi Wakil Ketua Yayasan Putri Sabeeka pada tahun 2010 dan menjabat sebagai Ketua Yayasan tersebut pada tahun 2015.

Selain itu, beliau juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan budaya di Bahrain dan internasional, serta sering menjadi pembicara dalam konferensi internasional dan acara-acara yang mempromosikan pengembangan perempuan dan anak-anak.

Profil Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa: Putri Bahrain yang Peduli Lingkungan_womenpedia.id
Istimewa

Kegiatan Sosial

Selain menjabat sebagai Ketua Yayasan Putri Sabeeka, Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa juga terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dan budaya di Bahrain dan internasional.

Beliau aktif dalam mengembangkan program-program yang bertujuan untuk mempromosikan kebudayaan Bahrain, seperti program seni dan budaya, serta kegiatan untuk memperkenalkan makanan tradisional Bahrain kepada dunia internasional.

Selain itu, beliau juga sering mewakili Bahrain dalam acara-acara internasional yang membahas isu-isu kesejahteraan wanita dan lingkungan hidup.

Organisasi

Her Highness Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa terlibat dalam beberapa organisasi, di antaranya:

  • Yayasan Putri Sabeeka: Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa menjabat sebagai Ketua Yayasan Putri Sabeeka sejak tahun 2015. Yayasan ini didirikan oleh ibunda Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa, Shaikha Sabeeka bint Ibrahim Al Khalifa, dan bertujuan untuk mempromosikan kesejahteraan perempuan dan anak-anak di Bahrain.
  • Bahrain Authority for Culture and Antiquities: Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa juga menjadi anggota Dewan Pengawas Bahrain Authority for Culture and Antiquities. Organisasi ini bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mempromosikan kebudayaan dan warisan sejarah Bahrain.
  • Dewan Perempuan Bahrain: Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa juga terlibat dalam Dewan Perempuan Bahrain, sebuah organisasi yang didirikan untuk memperjuangkan hak-hak perempuan dan mendorong partisipasi perempuan dalam kegiatan sosial, politik, dan ekonomi di Bahrain.
  • PBB: Selain organisasi di Bahrain, Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa juga terlibat dalam kegiatan PBB, termasuk sebagai Duta Khusus PBB untuk Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim dan sebagai Presiden Global Alliance for Clean Cookstoves, sebuah inisiatif yang didirikan oleh PBB untuk mempromosikan penggunaan kompor bersih di seluruh dunia.

Pekerjaan dan Profesi

Her Highness Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa memiliki berbagai profesi, antara lain:

  • Ketua Yayasan Putri Sabeeka: Sejak tahun 2015, Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa menjabat sebagai Ketua Yayasan Putri Sabeeka, sebuah organisasi nirlaba yang didirikan untuk mempromosikan kesejahteraan perempuan dan anak-anak di Bahrain.
  • Pendidik: Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa memulai kariernya di bidang pendidikan. Beliau bekerja sebagai guru bahasa Inggris di beberapa sekolah di Bahrain, dan juga pernah menjadi Direktur Sekolah Tinggi Putri Bahrain.
  • Aktivis lingkungan: Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa juga terlibat dalam kegiatan lingkungan hidup. Beliau menjadi Duta Khusus PBB untuk Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim dan menjadi Presiden Global Alliance for Clean Cookstoves.
  • Pelindung seni dan budaya: Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa juga memiliki ketertarikan dalam seni dan budaya. Beliau menjadi anggota Dewan Pengawas Bahrain Authority for Culture and Antiquities dan aktif dalam mengembangkan program seni dan budaya di Bahrain.
  • Pembicara dan penulis: Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa sering menjadi pembicara dalam konferensi internasional dan acara-acara yang mempromosikan pengembangan perempuan dan anak-anak. Beliau juga telah menulis beberapa artikel tentang isu-isu sosial dan lingkungan hidup.

Terjun di Dunia Bisnis

Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa, seorang bangsawan Bahrain yang berbasis di Uni Emirat Arab (UEA) sudah menjadi pemimpin bisnis wanita yang mapan dan seorang dermawan yang dikenal karena kontribusinya di bidang pemberdayaan wanita dan masalah sosial lainnya yang relevan.

Dia adalah pembuat perubahan yang memimpin dengan memberi contoh ke seluruh dunia bahwa jika seorang wanita muda yang kaya seperti dia dapat memutuskan dan membuat identitas unik, tidak ada yang dapat menghentikan mereka untuk mengejar impian mereka.

Shaikha Jawaher Al khalifa adalah salah satu pengusaha wanita termuda yang telah membuat tempat khusus di dunia korporat dengan berbagai usaha di domain seperti perdagangan Komoditas, Alas Kaki Investasi Real Estat, Pemasaran, & Periklanan Minyak & Gas, dll.

Shaikha Jawaher Khalifa meluncurkan perusahaan induknya Green Aventurine Holdin tahun 2022. Ini adalah Konglomerat Manajemen Investasi Terpadu yang memiliki hampir 13 aset di berbagai merek, termasuk LG Diamonds, Real Estate, Commodity Trade, Footwear, Citizenship by Investment Programs, dan eCommerce.

Perusahaan berencana untuk hadir di pasar di seluruh wilayah GCC dan berfungsi sebagai perantara regional untuk persyaratan manajemen investasi lintas batas.

Perusahaan baru-baru ini menunjuk 2 eksekutif yang sangat efisien dan berpengalaman, Shahzad Faisal sebagai CEO dan Vivek Malik sebagai Managing Director. Keduanya memiliki rekam jejak profesional yang mapan di perbankan investasi dan domain real estat.

Shaikha Jawaher Khalifa telah menunjukkan ketertarikannya untuk memasuki pasar India dengan meluncurkan merek sepatunya di India dan perusahaan real estatnya Executive Realty UAE.

Dia juga ingin bermitra dengan merek India untuk membawa mereka ke UEA & GCC. Dia memahami peluang bakat dan pertumbuhan yang sangat besar di sini dan ingin memanfaatkannya untuk menciptakan skenario yang saling menguntungkan dengan mengintegrasikannya dengan keahlian perusahaannya.

Selain memiliki visi global untuk perusahaannya, Shaikha Jawaher Khalifa juga seorang kemanusiaan yang hebat. Penyebab terkait Perempuan dan Anak-anak dekat dengan hatinya.

Dia telah aktif berpartisipasi dalam menciptakan kesadaran tentang dampak negatif dari platform media sosial pada anak-anak dan menganjurkan penggunaan terbatas.

Dia juga menyelenggarakan ‘Book Marathon’ di Sharjah untuk memotivasi anak-anak agar lebih banyak membaca.

Perusahaannya, Green Aventurine, juga memberikan kembali kepada masyarakat melalui berbagai inisiatif CSR dengan fokus pada pengembangan pemuda, kegiatan amal, pemberdayaan wanita, dan bisnis sadar lingkungan.

Organisasinya juga berinvestasi dan mendukung start-up dengan ide bisnis yang menjanjikan dan potensi untuk tumbuh. Ia merasa bahwa kaum muda memiliki energi dan kemampuan untuk membawa perubahan positif.

Dia bahkan telah mendirikan sebuah institut untuk membantu para pemula dengan investasi ruang dan benih dan bahkan memberikan dukungan penuh dalam meningkatkan bisnis mereka.

Memiliki visi bisnis yang begitu luas dan isu-isu yang relevan secara global menunjukkan potensinya. Dia telah menjadi ikon dan inspirasi bagi wanita saat ini. Dia telah menangani semua kesuksesan dengan sikap yang baik dan pendekatan yang membumi.

Demikianlah profil Her Highness Shaikha Jawaher Bint Khalifa Al Khalifa, seorang tokoh bangsawan dan aktivis yang berperan penting dalam mempromosikan kesejahteraan perempuan dan anak-anak di Bahrain, serta memperjuangkan isu-isu lingkungan hidup dan budaya.

Princess Shaikha telah mendapatkan berbagai penghargaan dan pengakuan atas kontribusinya dalam berbagai bidang, dan terus berkomitmen untuk memajukan masyarakat dan lingkungan di Bahrain serta di seluruh dunia.

Pos terkait