Semakin Bersinar, OPPO Raih Peringkat ke-4 Global Smartphone Ranking

OPPO Fold N (Foto: Engadget)_Womanspedia
OPPO Fold N (Foto: Engadget)_Womanspedia

Berkat inovasi yang dilakukan secara kontinu dan dukungan pertumbuhan signifika di pasar menengah dan high-end semakin mengukuhkan OPPO sebagai perangkat ponsel pintar terkenal di dunia.

OPPO Market Performance (Foto: OPPO)_Womanspedia
OPPO Market Performance (Foto: OPPO)_Womanspedia

 Womenpedia.id – Menurut lembaga riset Canalys, OPPO sebagai brand perangkat cerdas ternama mampu mempertahankan posisinya sebagai brand smartphone keempat terbaik secara global pada tahun 2021 dan memiliki pangsa pasar sebesar 11 persen. Tahun lalu, OPPO berhasil meluncurkan smartphone flasgship canggih terbaru yaitu seri OPPO Find X3 dan beberapa produk seri Reno terbaru. Selain itu, OPPO menghadirkan NPU (Neural Processing Unit) MariSilicon X yang menjadi teknologi pencitraan pertama yang dikembangkan oleh OPPO dan meluncurkan smartphone lipat pertamanya yaitu OPPO Find N. Berkat investasi berkelanjutan dalam pengembangan teknologi serta komitmen perusahaan untuk menciptakan produk terbaik, OPPO berhasil membukukan pertumbuhan penjualan smartphone secara global sebesar 22 persen, dengan penjualan yang luar biasa di pasar Eropa Barat dan Meksiko.

OPPO Air Glass Navigation_Womanspedia
Navigation_Womanspedia

Diakui di Eropa

OPPO berhasil menjadi brand smartphone terbesar keempat di pasar Eropa setelah mencatatkan pertumbuhan penjualan tahunan sebesar 78 persen pada tahun 2021. Setelah masuk ke pasar Eropa pada tahun 2018, OPPO melanjutkan investasi dalam riset dan pengembangan dan menjadi inisitator dalam meluncurkan 5G SA Network pertama secara komersil di Eropa melalui kemitraan bersama Vodafone, Qualcomm, dan Ericsson.

Di kawasan Eropa, OPPO mampu membukukan kinerja yang menakjubkan dan mencatakan pertumbuhan penjualan hingga 94% di Eropa Barat. Pencapaian ini menjadikan OPPO sebagai penyedia perangkat high-end keempat terbaik dalam hal penjualan. OPPO mencatatkan pertumbuhan yang menakjubkan di Irlandia (+444 YoY), Portugal (+354% YoY), Swiss (+203% YoY), Jerman (+154%) YoY, Italia (+111% YoY), Spanyol (+73% YoY) dan Prancis (+71% YoY). Selain itu, dalam kurun waktu kurang dari dua tahun setelah masuk ke pasar Rumania, OPPO berhasil telah menjadi produsen smartphone terbesar ketiga dengan pertumbuhan tahunan sebesar 227% pada tahun 2021.

Read More

Pasar Negara Berkembang

OPPO juga menjadi brand smartphone keempat terbaik secara keseluruhan di pasar Timur Tengah dan Afrika, dan berhasil mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 42 persen. Secara khusus, OPPO mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 304 persen di Algeria dan angka penjualan terbesar dibandingkan dengan brand smartphone lain di wilayah tersebut. OPPO juga mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 466 persen di Afrika Selatan dan membuatnya menjadi brand merek smartphone terbesar keempat di negara tersebut.

OPPO lelang OPPO Find N untuk donasi pendidikan di Indonesia (Foto: OPPO)_Womanspedia
OPPO lelang OPPO Find N untuk donasi pendidikan di Indonesia (Foto: OPPO)_Womanspedia

Setelah dua tahun sejak memasuki pasar Amerika Latin, OPPO melanjutkan ekspansi bisnisnya dengan cepat. Di Meksiko, OPPO merupakan salah satu dari lima brand smartphone terlaris, memiliki pangsa pasar sebesar 10 persen, dan mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 429 persen pada tahun 2021. Melalui kemitraan dengan operator lokal dan didorong oleh peluncuran seri Reno yang luar biasa, OPPO juga menjadi vendor smartphone premium terkemuka di Meksiko untuk range harga USD400-USD599 dan USD600-USD799.

OPPO merupakan brand smartphone premium terkemuka di Meksiko untuk range harga USD400-USD599 dan USD600-USD799

Asia Pasifik

OPPO telah mempertahankan posisi ke empat sebagai salah satu brand smartphone terbaik di Asia Pasifik, kecuali China, pada tahun 2021. Di Asia Pasifik, OPPO memiliki pangsa pasar sebesar 12 persen. OPPO merupakan smartphone terbaik kedua untuk wilayah Asia Tenggara. OPPO berhasil menjadi best-seller di Indonesia dan best-seller kedua di Myanmar dan Vietnam. OPPO juga berhasil menjadi salah satu dari tiga smartphone best-seller di Kamboja, Australia, Singapura, Selandia Baru, dan Filipina.

Semakin Bersinar, OPPO Raih Peringkat ke-4 Global Smartphone Ranking
Animasi gemas ala ColorOS 12 OPPO (Foto: Istimewa)

China

Sebagai pemain lama di pasar China, OPPO mempertahankan posisi sebagai  kedua best-seller kedua pada 2021 di negara tersebut dengan mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 14 persen. Tahun lalu, OPPO meluncurkan OPPO Find X3 yang merupakan smartphone flagship high-end dan Seri Reno 7 terbaru dengan teknologi pencitraan dan desain yang luar biasa. Dalam ajang pameran teknologi tahunan OPPO INNO DAY 2021, OPPO juga meluncurkan NPU (Neural Processing Unit) MariSilicon X yang menjadi teknologi pencitraan pertama yang dikembangkan oleh OPPO dan meluncurkan smartphone lipat pertamanya yaitu OPPO Find N. Berkat investasi berkelanjutan dalam pengembangan teknologi dan inovasi produk, OPPO mencatatkan penjualan yang cukup stabil di pasar China.

OPPO adalah merek perangkat smartphone pintar global terkemuka. Sejak meluncurkan smartphone pertamanya “Smiley Face”pada tahun 2008, OPPO terus-menerus mengejar sinergi antara estetika dan teknologi yang inovatif. Saat ini, OPPO memiliki rangkaian smartphone yang dipelopori oleh Find X dan Reno Series. Lebih dari sekedar perangkat, OPPO juga menyediakan ColorOS operating system dan layanan berbasis internet seperti OPPO Cloud dan OPPO+. OPPO beroperasi di lebih dari 50 negara dan wilayah didukung oleh lebih dari 40.000 karyawan OPPO berdedikasi untuk menciptakan hidup yang lebih baik bagi pelanggan di seluruh dunia.

 

 

Related posts