Brand Choice Award 2023 diberikan kepada merek-merek nasional dan internasional yang memasarkan produk Ibu & Anak melalui platform marketplace di Indonesia.
Womenpedia.id – Produk-produk yang berada dalam kategori Ibu dan Anak semakin diminati di platform digital, terutama karena meningkatnya jumlah ibu muda milenial yang aktif berbelanja melalui marketplace.
Yang menarik, generasi ini tidak hanya berbelanja online, tetapi juga aktif memberikan ulasan, memberi penilaian, dan bahkan merekomendasikan produk kepada orang lain. Perilaku ini memberikan keuntungan bagi sejumlah merek yang berhasil menjadi pilihan utama konsumen.
Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID, menekankan pentingnya menganalisis jejak digital yang ditinggalkan oleh konsumen dan strategi yang cermat dalam mengolah data. Keberhasilan dalam memahami dan memanfaatkan data ini menjadi faktor utama yang membuat suatu merek menjadi pilihan utama konsumen di era digital.
Dalam rangka menghargai merek-merek yang berhasil menjadi pilihan konsumen dalam kategori Ibu dan Anak, INFOBRAND.ID berkolaborasi dengan TRAS N CO Indonesia untuk menghadirkan penghargaan Brand Choice Award 2023.
Penghargaan ini diberikan kepada merek-merek nasional dan internasional yang memasarkan produk Ibu & Anak melalui platform marketplace di Indonesia.
Penghargaan Brand Choice Award 2023 bertujuan untuk mengukuhkan posisi merek-merek ini sebagai pilihan utama konsumen dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang merek-merek tersebut. Acara pemberian penghargaan ini diselenggarakan secara virtual pada Selasa, 3 Oktober 2023.
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, menjelaskan bahwa para pemenang penghargaan Brand Choice Award 2023 dipilih berdasarkan hasil riset Brand Choice Index 2023 yang dilakukan pada Mei-Juli 2023. Riset ini melibatkan 125 kategori produk Ibu dan Anak dengan lebih dari 1.000 merek yang diteliti.
Riset ini menggunakan tiga parameter penilaian utama:
1. Aspek Kesadaran Merek Digital: Parameter ini mengukur sejauh mana merek-merek ini diulas di halaman internet dan sejauh mana konsumen mencari merek-merek ini melalui mesin pencari.
2. Aspek Pilihan Merek: Parameter ini mengukur jumlah transaksi penjualan produk melalui toko resmi di dua platform marketplace teratas.
3. Aspek Media Sosial: Parameter ini mengukur aktivitas merek-merek ini serta interaksi antara merek dan pengikutnya di tiga platform media sosial utama: Facebook, Instagram, dan YouTube.
Hasil riset ini menunjukkan bahwa terdapat 32,1 juta transaksi produk Ibu dan Anak, dengan 16,1 juta ulasan produk yang rata-rata mendapatkan penilaian 4,83 dari skala 5.
Riset ini juga mengidentifikasi 10 kategori produk dengan jumlah transaksi tertinggi dalam Brand Choice for Mom & Kids 2023 Index, yaitu:
- Popok dengan 2,4 juta transaksi.
- Pulpen dengan 2,2 juta transaksi.
- Baby Bath dengan 958,5 ribu transaksi.
- Susu Formula 1-3 Tahun dengan 954,6 ribu transaksi.
- Pelancar ASI dengan 860,2 ribu transaksi.
- Tisu Basah dengan 776,2 ribu transaksi.
- Susu UHT dengan 714,6 ribu transaksi.
- Sabun Mandi Antiseptik dengan 687,6 ribu transaksi.
- Baby Cream dengan 667,6 ribu transaksi.
Penghargaan Brand Choice Award for Mom & Kids 2023 diberikan kepada berbagai merek ternama yang beroperasi di kategori-kategori ini.
Beberapa merek yang meraih penghargaan termasuk Heavenly Blush untuk kategori Yoghurt, Little Dimple untuk Food Container MPASI, IQ Angel untuk Mainan Bayi, Mama Bear untuk Pelancar ASI, Prenagen untuk Susu Ibu Hamil dan Menyusui, Morinaga Chil-Kid untuk Susu Formula 1-3 Tahun, Morinaga Specialties untuk Susu Formula Soya, dan merek-merek lainnya.
Tri Raharjo juga mengucapkan selamat kepada para pemenang atas prestasi mereka dalam meraih Brand Choice Award 2023 for Mom & Kids. Penghargaan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif pada kelangsungan bisnis mereka, khususnya dalam penjualan melalui platform marketplace.