Womenpedia.id – Berbeda target market, After Beaute yang dikenal sebagai produk kosmetik dan eksklusif dengan harga terjangkau ditujukan bagi para makeup artist (MUA). Ternyata, After Beaute digagas oleh Andhita Irianto, seorang makeup artist dan influencer asal Lampung.
Ditujukan untuk MUA
Awalnya, Andhita bingung menentukan pasar untuk After Beaute. Namun, justru animo luar biasa datang dari para MUA, maka ia putuskan untuk memilih pasar tersebut.
“Kebanyakan produk lokal sekarang tujuan utamanya mungkin masyarakat luas Indonesia dan bukan fokus ke profesi MUA. Kalau aku justru sebaliknya. Yang belum diminati orang, yaitu MUA, agar (produk After Beaute) bisa dipakai MUA seluruh Indonesia. Itu karena MUA di Indonesia sudah banyak, dan tahu mana yang bagus seperti apa, keunggulan produk seperti apa, yang cocok untuk klien seperti apa,” ungkapnya.
Menurut Andhita, pihaknya serius menggarap After Beaute agar kosmetik ini berkualitas dan bersaing dengan kosmetik Impor. Dirinya pun melakukan riset dan survei sebelum merilis Lip Cream After Beaute, mulai tekstur, fragrance ketahanan, kenyamanan di bibir.
“Jadi, (After Beaute) memang bisa dilirik MUA karena kualitasnya juga. Jadi, para MUA di Indonesia selalu bilang kualitas Lip cream After Beaute itu bagus produknya: enak dipakai dibibir, tahan lama, gampang dihapus dan nggak melukai bibir. Jadi, itu juga merupakan poin terbesar dari berkembangnya After beaute saat ini, bisa cepat menemukan pasar dan menguat sekarang, ” ungkapnya.
Kini After Beaute pun telah dipakai MUA Se-Indonesia. Mulai dari MUA baru sampai yang MUA ternama, seperti Dean, Eva Twinny, nanathnadia, Bima Chang, Adi Rustana, dan Mona Markem. Kemudian tak kalah menakjubkan, produknya juga suka dipakai oleh influencer besar, seperti Rachel Vennya, Millen Cyrus, Shafa Harris, dan Jovi Adhiguna.
Memenuhi Kebutuhan MUA
After Beaute mulai dikenal di dunia kosmetik Indonesia sejak merilis Lip Cream dengan 3 varian shades pada 31 Maret 2021 lalu, yaitu Madame, Kinda Cute, dan Velvet Waffle.
Diakui oleh Andhita bahwa lip cream After Beaute dilirik MUA se-Indonesia karen memiliki tiga warna yang merupakan warna dasar yang digunakan perempuan seperti nude, bold, dan soft matte. Biasanya, varian-varian tersebut digunakan saat merias wajah klien, mulai dari acara formal hingga kasual, seperti pernikahan, pesta, wisuda, photo & video shoot, dan lain-lain.
Foto: Dok. After Beaute)
“Jadi dari 3 varian itu, ada dua yang nude (warna kulit), yaitu kinda cute yang best seller dan velvet waffle. Untuk tipe bibir hitam bisa menggunakan kinda cute, dan untuk tipe bibir yang lebih ke pink atau pucat bisa pakai velvet waffle. Sedangkan kalau madame, biasanya dipakai untuk ombre lip. Kan, ombre lip lagi best of the best lip cream pada saat sekarang, karena kalau cewek itu ‘dikit-dikit ombre’ karena lagi hype ‘korea-korea-an’. Jadi, tergantung cocoknya si klien saja, apakah warna nude atau kalau mau ombre nanti tinggal ditimpa oleh madame,” terang Andhita, seperti dilihat di postingan Instagram @after.beaute, beberapa waktu lalu.
Menjaga Eksklusivitas
Andhita memiliki resep khusus dalam menjaga eksklusivitas After Beaute. Karena itu tahapan yang sulit menurut Andhita saat ini.
Untuk menjaga eksklusivitasnya, ia mengaku akan melakukan endorsement secara berkala dan melakukan program reseller dan distributor, namun hanya reseller dan distributor tertentu saja yang dihubungi demi menjaga eksklusivitas mereknya. “Pun dengan endorsement, aku tidak akan meng-push selebgram dengan endorsement dengan bayaran luar biasa atau brand ambassador,” urainya.
Endorsement, akunya, lebih ia condongkan ke orang yang memang menyukai produk After Beaute tanpa harus mengeluarkan fee berkali-kali.
“Jadi, saat aku melakukan endorsement ke MUA yang hype atau kelas tinggi, alhamdulillah mereka menyambut dengan baik dan di-support dengan baik. Sampai selalu dipakai, dan itu kebanggaan buat After Beaute sendiri. Bahkan, sekarang, alhamdulilah para MUA yang pasaran tinggi atau kelas tinggi saat dapat klien, mereka pakai After Beaute tanpa rasa ragu, Itulah keberhasilan After Beaute untuk branding, alhamdulilah sudah mencapai seperti itu,” kata Andhita.
Permintaan Tetap Tinggi di Masa Pandemi
Menurut Andhita, produk kosmetik adalah kebutuhan utama bagi para perempuan. Jadi, permintaan kosmetik tetap tinggi, hanya saja transaksinya yang beralih ke online.
Kendati masa pandemi, Andhita optimis After Beaute tetap menjadi pilihan perempuan Indonesia melengkapi koleksi lip cream mereka. Bahkan, ia akan merilis produk baru.
“Wanita itu cenderung memiliki keunikan itu kalau punya lipstik atau lip cream tidak bisa cukup satu walaupun lip cream yang dia beli warnanya hampir setara yang mungkin 90 persen. Wanita pasti memiliki lipstik dengan berbagai macam merek dan warna. Buktinya hampir jalan 7 bulan berjalan ini, lip cream After Beaute sudah laku 10 ribu kurang lebih dan perbulan itu habis 2 ribu. Dan kami sudah balik modal, bahkan keuntungan sudah kami dapatkan hanya di 7 bulan dari After Beaute berdiri. Oleh karenanya, kami optimis,” tutup Andhita.