Brand Pembalut Laurier Dukung Peningkatan Kesadaran Kebersihan Menstruasi melalui Kampanye GANBATE (Ganti Pembalut Tiap Empat Jam)

Brand Pembalut Laurier Dukung Peningkatan Kesadaran Kebersihan Menstruasi melalui Kampanye GANBATE (Ganti Pembalut Tiap Empat Jam)
Istimewa

Brand Pembalut Laurier Dukung Peningkatan Kesadaran Kebersihan Menstruasi melalui Kampanye GANBATE (Ganti Pembalut Tiap Empat Jam).

Womenpedia.id – Laurier, sebagai salah satu brand unggulan dari Kao Indonesia, telah mengambil komitmen untuk melakukan edukasi secara berkelanjutan dalam meningkatkan kesadaran mengenai Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). Salah satu upaya mereka adalah melalui kampanye GANBATE (Ganti Pembalut Tiap Empat Jam) yang ditujukan untuk anak sekolah usia remaja sebagai target utama.

Pada Selasa, 18 Juli 2023, kegiatan edukasi dalam rangkaian Kampanye GANBATE diadakan di SMPN 2 Petir, Serang. Acara ini dihadiri oleh Rosita, yang merupakan Associate Vice President Marketing Kao Indonesia, Engkos Kosasih selaku Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Serang sebagai perwakilan dari Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi RI, serta dr. Anggara Mahardika, SpOG, yang merupakan ahli kesehatan reproduksi. Turut hadir sebagai Brand Ambassador Laurier adalah aktris Vanesha Prescilla.

Survey yang Dilakukan Oleh Laurier

Brand Pembalut Laurier Dukung Peningkatan Kesadaran Kebersihan Menstruasi melalui Kampanye GANBATE (Ganti Pembalut Tiap Empat Jam)
Istimewa

Berbicara mengenai pentingnya kebersihan area kewanitaan saat menstruasi, survey yang dilakukan oleh Laurier pada tahun 2023 menunjukkan bahwa hanya 28% perempuan di Indonesia yang mengganti pembalut setiap 4 jam sekali, sementara sisanya mengganti pembalut di atas 4 jam atau bahkan 11 jam sekali. Hal ini berpotensi memberikan dampak negatif bagi kesehatan reproduksi perempuan karena dapat menyebabkan pertumbuhan kuman dan bakteri yang berpotensi menyebabkan penyakit di area vagina seperti infeksi saluran kencing, saluran reproduksi, iritasi pada kulit, bau tak sedap, dan masalah kesehatan lainnya.

Read More

Mengganti pembalut setiap 4 jam saat menstruasi merupakan salah satu cara yang disarankan oleh para ahli untuk menjaga kebersihan kulit di area vagina dan organ reproduksi. Selain itu, terdapat upaya lain seperti cara membasuh dari arah depan ke belakang setelah buang air dan menggunakan pakaian dalam berbahan katun. Oleh karena itu, Laurier berperan dalam melakukan edukasi sejak dini pada remaja putri usia sekolah agar memiliki kesadaran akan pentingnya MKM sejak mereka memasuki periode menstruasi pertama.

Rosita selaku Associate Vice President Marketing Kao Indonesia menyatakan bahwa Laurier menyadari akan pentingnya MKM dan melihat adanya kesenjangan dengan situasi aktual di masyarakat, sehingga kampanye GANBATE ini diluncurkan dengan harapan dapat memberikan dampak positif bagi perempuan Indonesia dalam menjaga kebersihan area vagina terutama saat menstruasi. Kampanye ini juga diharapkan dapat menjadi inovasi yang diterima dengan baik oleh remaja putri, meningkatkan pengetahuan dan kesadaran MKM sejak dini.

Brand Pembalut Laurier Dukung Peningkatan Kesadaran Kebersihan Menstruasi melalui Kampanye GANBATE (Ganti Pembalut Tiap Empat Jam)
Istimewa

Tidak hanya melalui kampanye GANBATE, Laurier telah secara berkelanjutan melakukan edukasi kepada jutaan remaja putri di ribuan sekolah di seluruh Indonesia sejak tahun 1997. Di tahun 2023, telah ada 64.758 remaja putri yang mendapatkan edukasi, dan Laurier akan terus menyasar 53.375 remaja putri di 437 sekolah lainnya di seluruh Indonesia.

Dalam acara di SMPN 2 Petir, Laurier bermitra dengan Girl Up, Organisasi binaan United Nations dan United Nations Foundation yang fokus pada dukungan edukasi, kesehatan, dan keamanan untuk remaja putri. SMPN 2 Petir dipilih sebagai salah satu sekolah yang menjadi sasaran Kampanye GANBATE, dimana edukasi dan pembagian pembalut Laurier dilakukan untuk mendukung implementasi MKM bagi siswi putri.

Engkos Kosasih selaku Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Serang mengapresiasi dan mendukung kegiatan edukasi ini, terutama karena menargetkan anak usia sekolah. Hal ini diharapkan dapat mendukung terwujudnya Kampanye Sekolah Sehat di tingkat Nasional dengan siswi yang sehat dan berprestasi. Kampanye Sekolah Sehat melibatkan tiga pilar: Sehat Fisik, Sehat Bergizi, dan Sehat Imunisasi.

Kurangnya informasi mengenai MKM menjadi salah satu penyebab banyaknya perempuan yang belum menerapkan praktik ini. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh UNICEF, 1 dari 4 anak di Indonesia tidak pernah mendapatkan informasi seputar menstruasi sebelum mengalami menstruasi pertama. Laurier berharap bahwa melalui kampanye berkelanjutan ini, semakin banyak siswi remaja yang memiliki kesadaran akan pentingnya MKM dan menjaga kebersihan saat menstruasi.

Laurier juga memberikan beberapa tips untuk menjaga kebersihan saat menstruasi, seperti mencukupi kebutuhan gizi dan cairan tubuh, mengganti pembalut setiap 4 jam meskipun belum penuh, menggunakan celana dalam berbahan katun, dan membiasakan mencuci area vagina dari arah depan ke belakang untuk menghindari perpindahan bakteri. Selain itu, mereka merekomendasikan penggunaan pembalut Laurier Natural Clean yang mengandung lapisan antibakteri, meliputi daun sirih, ekstrak daun sage, dan antibac agent yang melawan pertumbuhan bakteri.

Melalui kampanye berkelanjutan ini dan gerakan GANBATE, Laurier berusaha mendukung sekolah-sekolah dan pesantren di Indonesia dengan memberikan edukasi tentang kesehatan reproduksi dan kebersihan vagina saat menstruasi kepada perempuan di Indonesia sejak dini.

Related posts