6 Tips Tingkatkan Personal Branding ala Indah Warsetio

Mentor personal Branding Coach, Indah Warsetio
Mentor personal Branding Coach, Indah Warsetio

Gunakan instagram sebagai media untuk personal branding dengan memberikan story telling berkualitas

Womenpedia.id – Saat ini banyak orang membicarakan mengenai personal branding. Sebenarnya apa sih personal branding? Merupakan cara menciptakan citra diri positif di hadapan publik. Menariknya, Tahukah Womans, bila saat ini ada cara praktis untuk mengenalkan talenta yang Anda miliki dan mempromosikannya kepada khalayak? Nah, Womans bisa gunakan Instagram sebagai media untuk personal branding. Salah satu cara terbaik sesuai algoritma Instagram adalah membuat konten story telling berkualitas.

Mentor personal Branding Coach, Indah Warsetio mengemukakan konten berkualitas mempengaruhi orang-orang sekitar untuk berinteraksi.

“Dimulai dari pertemanan inner circle fokus saja terlebih dahulu, hingga nantinya akan jauh berkembang ke follower yang belum Anda kenal sama sekali,” kata Indah.

Read More

Penasaran seperti apa tipsnya? Contek tips tingkatkan personal branding dari Indah Warsetio:

Mentor personal Branding Coach, Indah Warsetio
Mentor personal Branding Coach, Indah Warsetio (Foto: Istimewa)

1. Posting konten yang dibutuhkan pengikut Anda

Postinglah konten yang dapat memberikan inspirasi dan bisa memberi solusi mudah dan menghibur atas permasalahan yang mereka hadapi. Contohnya, posting video unik mengenai morning rutin skincare tips yang mudah dan menyenangkan, jika Anda seorang beauty consultant atau profesi di bidang beauty.

Anda bisa mengunggah teks yang dipadukan dengan image berdesain menarik tentang review suatu produk beauty, mengingat pengguna anda banyak pecinta skincare dan gemar membaca. Yah, hal-hal semacam inilah yang perlu anda perhatikan.

2. Teknik User Generated Content

Regramming, atau mem-posting kembali foto milik akun idola atau figure expert di akun Anda (dengan menyebutkan nama pemilik foto). Manfaatnya? Bagi si pemilik foto, ia dan karyanya akan terekspos. Sedangkan bagi Anda, hal ini akan membuktikan pada followers, kalau Anda mampu berinteraksi dengan mereka, Anda memerhatikan keberadaan mereka dan secara tidak langsung, menjadikan followers sebagai ambassador dari brand Anda.

3. Berpartisipasi dalam komen followers

Turut aktif dalam comment threads, mungkin terdengar cukup sederhana namun memberikan dampak positif yang besar, sebutlah hal ini berfungsi untuk menciptakan brand emotional, atau memperkuat bonding dengan followers. Memonitor komentar followers mengenai apa yang anda post, juga bisa memberi banyak masukan. Bentuk partisipasi ini yang disebut Digital Handshake, misalnya dengan menjawab pertanyaan mereka, berterimakasih karena mereka memberikan tanda ‘hati’, atau karena mereka men-tag teman mereka mengenai brand znda.

4. Engagement Video

Saat ini postingan yang sering mudah dilihat dan diminati adalah konten video. Seperti yang dilansir Instagram dalam meroketnya Story dan Reels menjadi primadona dari konten yang mudah dilihat setiap harinya. Artinya, meningkatkan engagement media sosial dengan video berupa Tiktok, Instagram story atau Reels adalah sebuah terobosan baru yang powerful. Indah menguatkan untuk terus bisa memberikan edukasi lewat fitur video.

5. Gunakan Hashtag Secara Tepat Sasaran

Tepat sasaran dalam meningkatkan strategi dalam mengoptimasi media sosial anda. Salah satunya dengan menggunakan hashtag populer agar jangkauan postingan Instagram menjadi lebih luas. Hanya saja, gunakan hastag yang sesuai dan pilih kata yang kuat saja. Semakin banyak yang menggunakan hashtag dalam jumlah berlebihan juga hanya akan membuat bingung audiens.

6. Lakukan Posting Pada Jam Sibuk

Ini merupakan hal penting dalam melihat optimasi media sosial anda. Lakukan posting pada waktu yang tepat dan disesuaikan dari insight view dari media sosial anda. Ini bisa dilakukan pengecekan dan analisa berkala. Sehingga untuk hal ini, Anda sendiri yang menentukan. Dari insight, anda bisa mempelajari pada jam berapa followers Anda melihat-lihat feed dan story Instagram Anda. Di waktu tersebut, anda harus melakukan posting. Lebih baik lagi jika membuat jadwal posting yang disesuaikan dengan konten terkini.

Ingat, orang akan dengan senang hati memberikan reaksi engagement terhadap postingan apa pun yang muncul di beranda mereka, jika postingan tersebut mampu menggugah perasaan dan emosi mereka. Meningkatkan engagement di Instagram yang telah dijabarkan ini hanyalah sebagian kecil dari banyaknya cara yang bisa coba temukan, dan selalu usahakan posting dengan konsisten setiap harinya.

 

 

Related posts